Kurikulum

Dokumen kurikulum sekolah SMPN 4 Randudongkal.

Resume Kurikulum Sekolah TP. 2011/2012:

VISI-MISI:

Visi SEkolah : Berkualitas, humanis, dan berprestasi

Misi SMPN 4 Randudongkal :

  1. MENERAPKAN TERLAKSANANYA PENGELOLAAN SEKOLAH DENGAN MANAJEMEN MUTU BERBASIS SEKOLAH
  2. MENINGKATKAN SECARA BERTAHAP TERPENUHINYA SPM PENDIDIKAN SESUAI TUPOKSI
  3. MENJALIN KERJASAMA INTERNAL-EKSTERNAL DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH
  4. MENGEMBANGKAN PROGRAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH AGAR DI PEROLEH PRESTASI DALAM BIDANG AKADEMIK MAUPUN NON AKADEMIK
  5. MENGEMBANGKAN KETAHANAN SEKOLAH DALAM WAWASAN WIYATA MANDALA YANG BERKUALITAS, HUMANIS/BERBUDAYA, TERTIB DAN DISIPLIN.

Pengembangan Misi sekolah dengan merujuk Standar Nasional Pendidikan yang telah dituangkan dalam Rencana Pengembangan Sekolah adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan program peningkatan kualitas proses pembelajaran untuk mencapai prestasi akademik dan non akademik
  2. Menyusun perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir dan berwawasan kedepan
  3. Melaksanakan proses pembelajaran yang  aktif, inovatif,kreatif,  efektif dan efisien
  4. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten, berdedikasi dan tanggguh dalam melaksanakan tugas / kegiatan
  5. Mengusahakan secara bertahap kelengkapan sarana dan prasarana sekolah yang relevan, dan efektif
  6. Mewujudkan peningkatan pengelolaan kelembagaan dan manajemen mutu berbasis sekolah ( MBS )  yang tangguh dengan merujuk SNP
  7. Meningkatkan akuntabilitas publik dan transparansi MBS
  8. Melaksanakan pengembangan penilaian pembelajaran
  9. Mewujudkan dokumen perencanaan stategis manajemen sekolah ( RPS, RKAS/RAPBS, Renops )
  10. Melaksanakan pengembangan budaya dan ketahanan sekolah dalam wawasan wiyata mandala yang berkualitas, humanis/berbudaya, tertib disiplin.

TUJUAN SEKOLAH:

Misi 1     : Melaksanakan program peningkatan kualitas proses pembelajaran untuk mencapai prestasi akademik dan non akademik

Tujuan Sekolah :

  1. Tersusunnya agenda program-program upaya peningkatan kompetensi siswa
  2. Terlaksananya program pembinaan kompetensi siswa dalam bidang akademik
  3. Terlaksananya program pembinaan siswa dalam bidang non akademik
  4. Terbinanya siswa-siswa potensial dalam bidang akademik/non akademik agar berprestasi tingkat daerah/nasional
  5. Tercapainya peningkatan prestasi  dalam lomba akademik/non akademik
  6. Tercapainya peningkatan prestasi nilai rata-rata UN/US.

Misi 2  :Menyusun perangkat standar isi ( kurikulum sekolah ) yang lengkap, mutakhir dan berwawasan kedepan

Tujuan Sekolah :

  1. Tersusunnya program-program dalam upaya pengembangan KTSP
  2. Tersusunnya dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP N. 4 Randudongkal yang up to date dan berlaku di sekolah
  3. Tersusunya pemetaan SK, KD, dan indicator tiap mata pelajaran dalam prota/promes
  4. Terwujudnya dokumen pengembangan silabus dan sistem penilaian
  5. Tersusunnya dokumen RPP yang akan digunakan untuk proses pembelajaran
  6. Terakomodasinya mata pelajaran-mata pelajaran tertentu ( mulok ) sebagai wujud dari pengembangan kurikulum berbasis life skill.

Misi 3:Melaksanakan proses pembelajaran yang  aktif, inovatif, kreatif,  efektif/bermakna dan efisien

Tujuan Sekolah :

  1. Tersusunnya program-program pengembangan  proses belajar mengajar
  2. Terlaksananya pembelajaran bermakna dengan strategi CTL/PAKIEM
  3. Diterapkannya berbagai strategi pembelajaran berbasis ICT, khususnya mata pelajaran sasaran Ujian Nasional
  4. Terlaksananya pembelajaran tuntas melalui remidial/pengayaan.

Misi  4 :Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten, berdedikasi dan tanggguh dalam melaksanakan tugas / kegiatan

Tujuan Sekolah :

  1. Tersusunnya program-program sekolah untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi SDM sekolah ( guru dan karyawan, serta komite sekolah )
  2. Terpenuhinya / tercapainya standar pendidikan guru sesuai SPM
  3. Terwujudnya penugasan guru mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dimilikinya
  4. Termotivasinya guru-guru untuk melaksanakan penelitian tindakan/ penelitian tindakan kelas dan membuat laporan terkait
  5. Tercapainya 80% guru dan tenaga kependidikan mampu mengoperasikan komputer dan internet
  6. Terlaksananya 100 % guru PNS bersertifikat pendidik.

Misi 5     :    Mengusahakan secara bertahap terpenuhinya kelengkapan sarana dan prasarana sekolah yang relevan, dan efektif

Tujuan Sekolah :

  1. Tercapainya pemenuhan fasilitas sarpras perpustakaan secara ideal
  2. Tercapainya pemenuhan fasilitas sarpras TIK dan media pembelajaran
  3. Tercapainya pemenuhan fasilitas sarpras Lab. IPA
  4. Tercapainya pemenuhan fasilitas sarpras Lab. Life Skill: PKK, Seni Musik, dan Pendais
  5. Tercapainya pengadaan sarpras Laboratorium Bahasa
  6. Terwujudnya / terpasangnya jaringan internet dalam laboratorium komputer peserta didik, ruang guru, ruang Kepala TU, laboratorium IPA, perpustakaan, ruang Kepala Sekolah, dan Lab. Bahasa
  7. Terwujudnya pengadaan pusat-pusat sumber-sumber belajar yang memadai (Perpustakaan digital, media pembelajaran, audio visual, dan seni budaya )
  8. Terwujudnya laboratorium matematika yang dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai
  9. Terwujudnya kantor Koperasi Siswa yang representatif
  10. Terwujudnya pemenuhan kebutuhan meubelair ruang-ruang belajar siswa/guru
  11. Terwujudnya pemeliharaan gedung/ruang secara periodik
  12. Terwujudnya pengadaan/pemeliharaan WC secara proporsional
  13. Terwujudnya pengadaan fasilitas sarpras Olah Raga yang dibutuhkan secara proporsional
  14. Terpeliharanya sarpras seni budaya dan lingkungan belajar yang indah, nyaman dan kondusif.

Misi  6:Mewujudkan peningkatan pengelolaan kelembagaan dan manajemen berbasis sekolah yang tangguh dengan merujuk SNP

Tujuan Sekolah :

  1. Tercapainya pemenuhan kelengkapan dokumen administrasi sekolah
  2. Tercapainya peningkatan mutu pengelolaan administrasi sekolah
  3. Terwujudnya peningkatan pengelolaan dan pemanfaatan Blog sekolah
  4. Terlaksananya pengelolaan supervisi klinis oleh kepala sekolah
  5. Mengefektifkan Team ICT untuk mendukung pelaksanaan MBS
  6. Meningkatnya kategori sekolah dari SPM menuju SSN
  7. Terlaksananya jalinan kerjasama sekolah dengan komite sekolah, sekolah setingkat/jenjang lebih tinggi, dan dunia usaha/dunia industri ( DUDI ), serta instansi terkait/lintas sektoral.

Misi 7: Meningkatkan akuntabilitas publik dan transparansi MBS

Tujuan Sekolah :

  1. Terbuat dan terkelolanya situs web/blog sekolah
  2. Terfasilitasinya peningkatan peran dan fungsi komite sekolah
  3. Terwujudnya peningkatan prestasi hasil penilaian kinerja sekolah dan akreditasi sekolah

Misi 8 :Melaksanakan pengembangan Penilaian / pelaporan hasil belajar

Tujuan Sekolah :

  1. Tersusunya program-program dalam upaya pengembangan sistem penilaian
  2. Terwujudnya dokumen penilaian hasil belajar / pelaporan
  3. Terwujudnya pengembangan berbagai standar nilai dalam berbagai bidang pelajaran
  4. Terwujudnya dokumen penilaian hasil belajar yang dapat diakses masyarakat melalui internet
  5. Terlaksananya peningkatan prestasi hasil belajar dalam evaluasi belajar baik harian, tengah semester, maupun akhir semester dan ujian sekolah/nasional
  6. Terlaksananya uji coba dalam upaya peningkatan standar nilai atau kompetensi kelulusan

Misi 9 :Mewujudkan dokumen perencanaan stategis manajemen sekolah ( RPS, RKAS/RAPBS )

Tujuan Sekolah :

  1. Terwujudnya dokumen perencanaan program-program dalam upaya pengembagan sekolah menuju sekolah yang berstandar nasional ( SSN )
  2. Terdukungnya pendanaan penyelenggaraan pendidikan yang proporsional baik dari pemerintah daerah, pemerintah pusat, dunia usaha, maupun dari komite sekolah / lembaga lintas sektoral

3.  Terpenuhinya standar kebutuhan pembiayaan pendidikan berstandar nasional per anak pertahun

Misi 10 :Melaksanakan pengembangan budaya dan ketahanan sekolah dalam wawasan wiyata mandala yang berkualitas, humanis/berbudaya, tertib/disiplin.

Tujuan Sekolah :

  1. Terwujudnya lingkungan pendidikan yang berbudaya intellektual, spiritual, dan cerdas dalam emosi
  2. Terwujudnya hubungan yang kondusif dan harmonis antara manajemen sekolah dan civitas wiyata mandala ( Kepala Sekolah-guru-siswa-komite sekolah ) melalui pelaksanaan Tata hubungan  stake holder dan etika sekolah
  3. Terwujudnya lingkungan sekolah yang sehat dan bersih
  4. Terwujudnya pelaksanaan Tata Krama dan Tata Tertib siswa
  5. Terwujudnya keamanan lingkungan wiyata mandala
STRUKTUR KURIKULUM:

Tabel 3.  Struktur Kurikulum SMP NEGERI 4 RANDUDONGKAL

No.

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII

VIII

IX

  1. Mata Pelajaran

1

Agama

2

2

2

2

Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

3

Bahasa Indonesia

( 4+1*)

( 4+1*)

( 4+1* )

4

Bahasa Inggris

( 4+1* )

( 4+1* )

( 4+1* )

5

Matematika

( 4+1* )

( 4+1* )

( 4+1* )

6

IPA ( Terpadu )

4

4

4

7

IPS ( Terpadu )  (4 + 1*)    ( 4+1* )     ( 4+1* )

8

Seni Budaya

2

2

2

9

Pendididkan Jasmani

2

2

2

10

Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

2

2

  1.   Muatan Lokal

11

Bahasa Jawa

2

2

2

12

PKK ( Tata Busana / Ketr. Menjahit )

2

2

2

Jumlah

38

38

38

C. Pengembangan Diri

**)

**)

      **)

Catatan :

* )    Dilaksanakan mulai pada Tahun  Pelajaran  2010/2011 sebagai bagian dari pengembangan layanan BP/ bimbingan karier/ekstrakurikuler.

**)   Ekuivalen 2 jam pembelajaran

MUATAN LOKAL :
No.

Mata Pelajaran Muatan Lokal

Alokasi Waktu (JP)

VII

VIII

IX

1

Bahasa Jawa

2

2

2

2

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK),Boga

2

 PKK Tata Busana

1

1

 PKK Pendidikan Keterampilan Menjahit

1

1

Jumlah

4

4

4

 TABEL KKM TP. 2011/2012 :

 

No.

 

Mata Pelajaran

Nilai TPK atau KKM

VII

VIII

IX

1

Agama

75

75

75

2

Pendidikan Kewarganegaraan

75

75

75

3

Bahasa Indonesia

75

75

75

4

Bahasa Inggris

66

66

67

5

Matematika

66

66

67

6

IPA

70

70

70

7

IPS

70

70

70

8

Seni Budaya

75

75

75

9

Pendididkan Jasmani

70

70

70

10

Teknologi Informasi dan Komunikasi

75

75

75

11

Mulok Bahasa Jawa

70

70

70

12

PKK ( Tata Busana, Tata Boga )

75

75

75

Rata-rata KKM

71,83

71.83

72,00

Randudongkal,      Maret  2012

Kepala Sekolah,

Ttd.

Kaharudin, S.Pd

NIP. 19651105 198803 1 019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: